Jumat, 16 November 2012

Perbandingan Nissan March dengan Daihatsu Sirion

SolusiMobil.com - Small hatchback andalan Nissan yang diluncurkan akhir tahun lalu, Nissan March begitu berhasil menarik perhatian konsumen tanah air, berhasil terjual hampir 8.000 unit. Mengusung mesin 3 silinder 1.198 cc, March memiliki taji untuk bertarung dengan rival dikelasnya.
Dari segi performa, Nissan March mampu memberikan keseimbangan antara akselerasi dan efisiensi, bahkan merupakan yang terbaik dibandingkan Daihatsu Sirion, bahkan unggul di kelasnya dalam hal kehematan bahan bakar. Keiritan March mencapai 20,1 km/liter untuk rute jalan tol dan 15,9 km/liter dalm kota.

Adapun citi car yang memiliki konfigurasi mesin 3 itu  membuat putaran mesin menjadi lebih ringan, dengan kemampuan tenga 76 dk dan torsi 102 Nmyang dapat  membawa mobil berbobot 925 kg ini dari 0-100 km/jam membutuhkan waktu 11,81. Lebih lamban 1,4 detik dari Sirion yang mampu memperoleh waktu 10,4 detik.

Masuk ke interiornya, memang tidak terasa sempit, tempat yang tersedia masih setara dengan beberapa mobil compact hatchback lainnya. Namun jika dibandingkan dengan Sirion, March yang memiliki dimensi paling panjang di kelasnya dan dengan wheelbase setara dengan Sirion, model Nissan ini menawarkan akomodasi yang cukup luas setelah Daihatsu Sirion yang memiliki ruang kaki penumpang belakang yang lebih lega.

Untungnya kenyamanan kursi dibaris kedua tidak dikorbankan, dengan sandaran bangku belakang agak landai, memberikan posisi duduk yang nyaman meskipunminus sandaran kepala adjustable. Kenyamanan juga didukung settingan suspensi yang lembut walaupun melewati jalanan rusak. Bantingannya lebih lembut dari Picanto, Spalsh ataupun Spark, hanya saja March limbung saat bermanuver dikecepatan tinggi.

Dengan power steering elektris yang digunakan, bobot putaran kemudi menjadi ringan. Namun tidak terlalu mengganggu pengendalian dikecepatan menengah maupun tinggi, apalagi berada di kemacetan yang akrap di jalanan ibukota, dimana mobil ini mampu bermanuver dengan lincah.

Secara garis besar dari dua model city car tersebut dapat diambil benang merah bahwa Nissan March memiliki kelebihan di efisiensi bahan bakar, kenyamanan, performa putaran bawah dan mobil yang dibandrol dengan harga Rp 141, 1 juta ini tidak dapat diunggulkan di fitur dan setir terlalu enteng.

Adapun Daihatsu Sirion yang dibandrol dengan harga 139 juta untuk tipe manual ini memiliki keunggulan di bagian kabin yang lapang, mesin yang bertenaga, banyak fitur yang tersedia. Sementara desain eksterior serta desain interiornya masih kalah dari rivalnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar