Sudah delapan tahun melenggang sendirian, Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia bakal mendapat penantang pada 2012 ini. Tidak cuma mendapat satu lawan baru, tapi sekaligus dua. Penantang pertama akan hadir dari kubu Suzuki dengan Ertiga yang hadir bulan April kemarin. Rival kedua masih berasal dari Indomobil Group. PT Nissan Motor Indonesia (NMI) dengan Nissan Evalia, Keduanya diproyeksikan sebagai backbone oleh masing-masing produsen. Sebuah lini produk yang bisa menyumbang sales volume besar agar bisa menggembungkan pundipundi uang pembuatnya. Konsumen pun bakal senang karena pilihan mobilnya semakin luas. mari kita liat komparasi virtual ketiga mobil tersebut. Kita bandingkan data spesifikasi masing-masing kendaraan untuk melihat kelebihan dan kekurangannya.
Nanti Anda akan melihat kekuatan sekaligus kelemahan masing-masing mobil berdasarkan analisis di atas kertas. Sekaligus menyaksikan kemiripan-kemiripan di antara mereka.
Suzuki Ertiga
DESAIN Avanza, Xenia, Ertiga, Evalia
Dari sisi desain, Avanza-Xenia generasi kedua sudah dapat dilihat 
langsung di showroom dan di jalan raya. Dibanding generasi pertama yang 
lahir 2004, penampilan eksterior Avanza-Xenia baru benar-benar terlihat 
segar. Tak hanya bagian depan, desain windscreen dengan aerodinamika 
yang menunjang. Bila sebelumnya drag coefficient hanya 0,36, kini 
semakin baik dengan angka 0,32.
Khusus Veloz desainnya terlihat agresif, dinamis, dan kental dengan 
nuansa kencang. Lubang udara besar pada bumper dengan bentuk trapezoidal
 terlihat sangat kokoh. Desain gril Veloz pun berbeda. Adanya lis 
memanjang yang dilabur warna krom serta logo Toyota di tengahnya 
terlihat mewah. 
Modal Evalia adalah desain eksterior yang menarik. Penampilan dan 
wajahnya mirip sekali dengan sang kakak, Nissan Serena. Cuma Evalia 
terlihat lebih sporty akibat desain lampu dan gril dengan garis tajam. 
Meski untuk buritan, tidak sedikit orang yang kurang menyukainya 
lantaran model boxy-nya.
Sementara Suzuki Ertiga juga memiliki paket yang sangat menggoda 
konsumen di segmen gemuk ini. Modal per-tama adalah wajah yang tampan 
dengan penerapan sasis dari Suzuki Swift terbaru.
Tampangnya sepintas mengingatkan pada gacoan Suzuki lainnya, Splash. 
Suzuki tampaknya sukses menggabungkan elemen sporty, dinamis tanpa 
mengorbankan aspek elegan pada Ertiga. 
MPV ini dibekali headlamp lebar dengan elemen diamond cut kecil untuk 
memberikan efek pencahayaan yang lebih baik bagi pengemudi dan sein di 
spion. 
DIMENSI Avanza, Xenia, Ertiga, Evalia
Dari ketiganya, Nissan Evalia punya postur paling besar dibanding Suzuki
 Ertiga dan Toyota Avanza-Daihatsu Xenia. Panjang total Evalia adalah 
4.400 mm, lebih panjang 135 mm dari Ertiga, dan 260 mm dari 
Avanza-Xenia.
Begitu juga dengan tingginya. Evalia mencatat angka 1.860 mm. Lebih 
jangkung 175 mm dari Ertiga dan 165 mm dari Avanza-Xenia. Untuk lebar 
Evalia sama dengan Ertiga, yaitu 1.695 mm. Sementara lebar Avanza-Xenia 
hanya 1.660 mm.
Bagaimana dengan Ertiga versus Avanza-Xenia? Ertiga lebih panjang 125 mm
 dan lebih lebar 25 mm dari ‘duet maut’. Ertiga cuma kalah jangkung 10 
mm saja dari kedua mobil itu.
Untuk wheelbase yang paling panjang adalah Ertiga dengan angka 2.740 mm.
 Evalia ada di belakangnya karena kalah 20 mm saja. Avanza-Xenia kalah 
dari keduanya, dengan wheelbase 2.655 mm alias lebih pendek 85 mm dari 
Ertiga dan 65 mm dari Evalia.
Wheelbase Ertiga yang panjang berefek pada legroom baris kedua dan ketiga
INTERIOR Avanza, Xenia, Ertiga, Evalia
Berdasar data-data dimensi kendaraan yang telah dijelaskan lebih dahulu,
 kita akan analisis seberapa lapang kabin Evalia, Ertiga, dan 
Avanza-Xenia.
Sebagai yang paling besar, Evalia memiliki kabin paling lapang. Apalagi 
interiornya didukung oleh lantai kabin yang rata akibat pemakaian per 
daun (leaf spring) di roda belakang. Rumusan ini akan bisa membuat 
Evalia menyuguhkan ruang kepala dan kaki paling luas. 
Kondisi kabin yang lapang ini membuat PT NMI berani menyodorkan varian 
dengan jok baris kedua model captain seat layaknya MPV mewah. 
Menyediakan jok baris kedua dengan lorong di tengah ini belum bisa 
dilakukan oleh Ertiga maupun Avanza-Xenia.
Dengan bodi dan wheelbase yang lebih panjang dari Avanza-Xenia, Ertiga 
akan memiliki legroom baris kedua yang sedikit lebih luas. Headroom 
Ertiga tak bakal berbeda jauh dari Avanza-Xenia karena perbedaan tinggi 
mobil hanya 10 mm.
Dimensi Evalia yang besar menghasilkan kabin luas dengan lantai yang rata
Interior Avanza-Xenia baru lebih lapang dari generasi sebelumnya
Avanza punya pilihan mesin 1.300 cc dan 1.500 cc, sementara Xenia 1.000 cc dan 1.300 cc
MESIN, TRANSMISI, POWER-TO-WEIGHT RATIO
Di luar negeri Nissan Evalia peminum bensin dibekali mesin berkapasitas 
1.600 cc (HR16DE). Namun, untuk Indonesia mobil ini akan memakai dapur 
pacu berkode HR15DE yang sudah lama dipasang di Grand Livina maupun 
Livina. Artinya Evalia diprediksi akan mempunyai tenaga 109 dk/6.000 rpm
 dan torsi puncak 148 Nm/4.400 rpm.
Kalau Suzuki Ertiga mengandalkan mesin baru yang diberi kode K14B. 
Jantung besin berformat 4 silinder 16 valve berkapasitas 1.373 cc ini 
menghasilkan tenaga 95 dk/6.000 rpm dan torsi 130 Nm/4.000 rpm. Rasio 
kompresinya 10:1 dengan bore x stroke sebesar 73 x 82 mm.
Jika dua penantangnya hanya dipasarkan dengan satu pilihan mesin, 
Avanza-Xenia punya mesin lebih banyak. Avanza dipersenjatai mesin 1.495 
cc (3SZ-VE) dan 1.298 cc (K3-VE). Sementara Xenia selain mesin 1.298 cc 
(K3-VE), juga tersedia kapasitas 989 cc (EJ-VE). Untuk mesin 1.500 cc, 
tenaga yang dihasilkan 104 dk/6.000 rpm, dan torsi puncak 136 Nm/4.400 
rpm. Sementara mesin 1.300 cc mampu menghasilkan tenaga 92 dk/6.000 rpm,
 dan torsi 116 Nm/4.000 rpm.
Mesin baru milik Ertiga diambil dari keluarga K Series Suzuki
Evalia menggunakan mesin yang sama dengan keluarga Livina
TRANSMISI Avanza, Xenia, Ertiga, Evalia
Transmisi Toyota Avanza-Daihatsu Xenia ada dua pilihan, yaitu manual 
5-speed dan otomatis 4-speed. Resep serupa juga akan digunakan Nissan 
Evalia. Khusus Suzuki Ertiga hanya tersedia transmisi manual 5-speed 
saja.
POWER-TO-WEIGHT RATIO Avanza, Xenia, Ertiga, Evalia
Bobot kosong Toyota Avanza-Daihatsu Xenia sekitar 1.065 kg (1.3 M/T). 
Kalau Ertiga bobot bersihnya sekitar 1.160 kg (GA), 1.175 kg (GL) dan 
1.180 kg (GX). Sementara Evalia sekitar 1.333 kg.
Berdasar data ini kita bisa menghitung power-to-weight ratio (PWR) 
masing-masing kendaraan. PWR digunakan untuk mengukur performa aktual 
mesin dengan cara membagi tenaga mesin dengan bobot kendaraan.
Di Evalia setiap 1 dk tenaga yang dihasilkan mesin membawa beban sebesar
 12,2 kg. Ertiga berada di antara 12,2 kg/dk hingga 12,4 kg/dk. 
Sedangkan PWR Avanza-Xenia 1.3 11,5 kg/dk.
Tapi komposisi ini belum menjamin performa mobil secara menyeluruh. 
Faktor perbandingan gigi transmisi, penggerak, dan aerodinamika akan 
mempengaruhi hasil akhirnya.
SUSPENSI, Avanza, Xenia, Ertiga, Evalia
Suspensi depan ketiga mobil ini punya sistem serupa, yaitu McPherson 
strut. Namun, untuk roda belakang konstruksinya berbeda-beda.
Toyota Avanza-Daihatsu Xenia mengandalkan 4-link with lateral rod and 
coil spring lantaran mengadopsi penggerak roda belakang. Sementara 
Suzuki Ertiga memakai torsion beam with coilspring. Beda lagi dengan 
Nissan Evalia yang mengandalkan per daun (leaf spring).
Mana yang lebih empuk tidak bisa dilihat dari jenis sistem yang 
digunakan. Performa suspensinya baru bisa dirasakan dengan 
mengendarainya. Soalnya kelembutan bantingan suspensi dipengaruhi banyak
 hal seperti ukuran ban yang digunakan, geometri, sokbreker, dan spring 
rate. Bahkan ketebalan busa jok pun turut memberi andil terhadap 
kenyamanan berkendara.
VARIAN Toyota avanza, Daihatsu xenia, Suzuki ertiga, Nisan evalia
Suzuki Ertiga ditawarkan dalam 3 varian, yaitu GA, GL dan GX. Untuk tipe
 GA harganya Rp 143 juta, GL dilepas Rp 153 juta dan GX Rp 165 juta. 
Semuanya ini merupakan harga inden on-the road wilayah DKI Jakarta yang 
berlaku untuk pemesanan hingga 21 April 2012.
Toyota Avanza punya 7 varian dengan 2 pilihan mesin dan transmisi. Harga
 jualnya mulai Rp 144 juta sampai Rp 180,2 juta. Daihatsu Xenia punya 
lebih banyak lagi varian. Ada sekitar 18 varian yang ditawarkan ke 
pasar. Harganya terpentang Rp 126,6-179,3 juta.
Belum ada konfirmasi resmi untuk detail Nissan Evalia. Namun, dari 
penelusuran kami, kelihatannya ada 3 varian: yaitu basic, middle dan 
high. Hanya ada satu pilihan mesin, dengan transmisi manual dan 
otomatis. Belum ada konfirmasi harga jual, prediksinya sekitar Rp 
150-180 juta.
Kesimpulan
Tentu semua produk ini memiliki beragam kelebihan dan kekurangan. 
Tinggal konsumen memilih produk yang paling sesuai dengan kebutuhannya.
Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia merupakan produk yang telah di jual 
saat ini. Tapi mereka kini memiliki daftar inden yang tidak sedikit. 
Beragamnya pilihan pada dapur pacu dan varian yang dimiliki menjadi poin
 penting pada konsumen Indonesia. Apalagi generasi kedua ini telah 
dikembangkan untuk memuaskan pasar Indonesia.
Sedangkan Suzuki Ertiga menjadi alternatif lain. Meski belum 
diluncurkan, konsumen sudah mendapat harga pasti dan dapat memantau 
waktu pengiriman via website. Daya tariknya terletak pada model, fitur 
keamanan dan pengerak roda depan. Dimensinya masih lebih besar dari 
Avanza maupun Xenia, meski kelemahannya terdapat pada tidak tersedianya 
pilihan transmisi matik.
Nissan Evalia menawarkan kabin lapang dengan pintu geser. Dapur pacu 
serupa dengan Grand Livina akan mendapat sedikit sentuhan baru agar 
mampu mereduksi kerugian akibat desain bodi yang kurang aerodinamis. 
Penerapan per daun menjadi solusi cerdas untuk memperoleh kestabilan 
optimal dari desain boxy yang mengambil basis dari platform Grand 
Livina.
| SPESIFIKASI | |||
| Toyota-Daihatsu Avanza-Xenia | Suzuki Ertiga | Nissan Evalia | |
| Mesin | 989 cc 3 silinder | 1.373 cc 4 silinder | 1.498 cc 4 silinder | 
| 1.298 cc 4 silinder | |||
| 1.495 cc 4 silinder | |||
| Tenaga maksimum | 63 dk/5.600 rpm(1.0) | 95 dk/6.000 rpm | 109 dk/6.000 rpm | 
| 92 dk/6.000 rpm(1.3) | |||
| 104 dk/6.000 rpm(1.5) | |||
| Torsi maksimum | 90 Nm/3.600 rpm(1.0) | 130 Nm/4.000 rpm | 148 Nm/4.400 rpm | 
| 117 Nm/4.400 rpm(1.3) | |||
| 136 Nm/4.400 rpm(1.5) | |||
| Transmisi | 5-speed manual/RWD | 5-speed manual/FWD | 4-speed otomatis/RWD | 
| 5-speed manual/FWD | 4-speed otomatis/FWD | ||
| Panjang/wheelbase | 4.140/2.655 mm | 4.265/2.740 mm | 4.400/2.725 mm | 
| Lebar/tinggi | 1.660/1.695 mm | 1.695/1.685 mm | 1.650/1.850 mm | 
| Kapasitas tangki/ban serep | 45 liter/full | size 45 liter/full | size 52 liter/full size | 
| Ground clearance | 200 mm | N/A | 185 mm (est) | 
| Ukuran ban | 185/70 R14(1.0&1.3) | 185/65 R15 (1.5) | 185/65 R15 | 
| 185/65 R15 (1.5) | |||
| Bobot | 1.065 kg (1.3) | 1.180 kg | 1.333 kg | 










 
nice info.. keren. ^^
BalasHapusWow keren.
BalasHapusMantapp
BalasHapus