Daihatsu Ceria masuk indonesia pada tahun
 1999 berseri L200, saat itu bentuk mungil dan mengotak memang 
mengingatkan kepada saudara jauhnya Perodua Kelisa dan Daihatsu Mira. 
Mobil ini dijual dengan harga 57 juta – 69 juta <CMIIW> dan 
dilengkapi beberapa seri, KL, KX, dan KX-R. Yang dominan berbeda adalah 
KX-R yang diimbuhi dengan bodykit layaknya Mira TR-XX sayang tenaganya 
belum ada yang diubah. Mesin yang digunakan Ceria adalah tipe 3 
Silinder, 850 cc, bertenaga 36 hp, masihkah ada yang underestimate lagi?
 baik kalo gitu kartu as kita buka > 3 silinder bertorsi besar, so responsif di tanjakan > naik ini serasa jadi mr.bean, gesit bener di kota > jujur memang, dia masih karbu, tapi itu justru keuntungan karena tarikannya kuat plus beban ringan > kata temen topspeed bisa 150kpj tanpa goyang ndangdut (avanza mah ndangdut) dan akselerasi 0-100 bisa 10-11 detik > Suspensi independen full,
 memang edan buat diterapkan di city car kayak dia >Basic Ceria sama 
dengan Mira Turbo TR-XX bertenaga 64 hp yang akselerasinya 0-100 bisa 6 
detik, tertarik engine swap?

mesin ini memang ga jelek, tapi saya lebih suka kalau engine swap TR-XX kalau punya. Sesuatu banget gitu yah 
Mobil ini meskipun tanpa Power Steering 
tetap ringan dikendalikan, ini dikarenakan pemakaian ban R12 dan beban 
superleggeranya (red. superlight). Hm kunokah ga pake PS? yah coba aja 
pasang PS di Ceria yang ban kecil dan bodi ringan, mawut mawut deh di 
jalan…. Beban yang superleggera ini lantas membuat dia gampang burnout 
dengan sengaja dan gampangnya. Mau ngerjain orang? ini pilihan tepat. Oh
 ya, bagaimana dengan konsumsi bbmnya? cukup 1 L : 17 km, kalah memang 
dengan “estimasi” nissan tentang Marchnya yang 1 L : 21 km, tapi ini 
“data dan fakta” bung! so ga bakal ragu deh. Ringkih kah? kan Independen
 bro, jadi gak ringkih asal jangan main ke luar kota aja, namanya juga 
city car. Oh iya masalah harga dia main di angka 45 juta -50 juta. Untuk
 keluarga baru dan commuter ini mobil tepat, untuk speedlovers ini mobil
 yang asik untuk dijadikan kelinci percobaan. Sleeperz sejati pasti 
demen Ceria Super Veloce (Engine swap Mira Avanzato TR-XX Turbo, pasang 
bodykit simpel, jejali VR R13)  atau Ceria Superleggera (permak dikit, 
buang yang tidak perlu). Soal Mira Avanzato TR-XX ini pasti saya bahas 
di artikel berikutnya. Pokoknya komengnya aja dulu sedulur….






 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar